Berita Jurnal

Internasionalisasi Jurnal

2018-03-29 | Posted by: PPJPI

Jurnal-jurnal di Universitas Airlangga merupakan jurnal ilmiah yang menjadi salah satu media bagi dosen/peneliti/mahasiswa untuk mengapresiasikan karya ilmiah sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kredibilitas jurnal ilmiah dalam memperoleh pengakuan baik nasional maupun internasional perlu didukung oleh semua sivitas akademika dengan mengedepankan profesionalisme dalam pengelolaan jurnal.

Dari 43 jurnal ilmiah yang ada di e-journal.unair.ac.id, baru 10 jurnal yang terakreditasi nasional. Sebagai Universitas yang menduduki peringkat ke-4 di Indonesia pada QS Asian University Ranking tahun 2017, sudah saatnya Universitas Airlangga melakukan terobosan penting untuk dapat maju lebih cepat menuju World Class University (WCU). Hasil-hasil penelitian di Universitas Airlangga khususnya berupa publikasi (artikel ilmiah) perlu diwadahi dengan menyediakan jurnal yang bermutu yang memiliki reputasi internasional. Oleh karena itu, penerbitan jurnal ilmiah nasional tidak hanya cukup sampai pada tahapan terakreditasi, namun harus dapat terindeks Scopus.

“Pada tahun 2017, PPJPI memberikan hibah jurnal menuju internasional bereputasi terindeks Scopus. Hal tersebut sebagai bentuk dukungan Pimpinan Universitas Airlangga terhadap jurnal-jurnal yang telah dikelola dengan baik agar lebih diakui sebagai jurnal internasional. Dengan demikian upaya peningkatan publikasi ataupun WCU segera tercapai. Dalam hal ini jurnal yang mendapatkan hibah tersebut adalah Dental Journal (Majalah Kedokteran Gigi), Indonesian Journal of Tropical and Infectious Disease dan Jurnal Ners”, ujar Ketua PPJPI, Dr. Hendrik Setia Budi, drg., M.Kes.

“Untuk mencapai ke Scopus-pun jurnal-jurnal yang telah menerima hibah akan mendapatkan pendampingan secara intensif agar terdapat perbaikan-perbaikan mutu naskah dan diversitas penulis dari beberapa negara. Prof Kuswanto merupakan Chief Editor dari Jurnal Agrivitas Universitas Brawijaya yang ditunjuk sebagai pendamping mereka”, jelas Koordinator Jurnal PPJPI, Siti Mas’udah, S.Sos., S.Si.