Berita Jurnal

Pelatihan Pemanfaatan Turnitin Dalam Penetapan Angka Kredit Dosen

2019-01-07 | Posted by: PPJPI

Pada hari Rabu, 21 Februari 2018, Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah (PPJPI) dan Tim Percepatan Guru Besar, Direktorat Sumber Daya Manusia (Direktorat SDM) Universitas menyelenggarakan “Pelatihan Pemanfaatan Turnitin dalam Penetapan Angka Kredit (PAK) Dosen”. Pelatihan berlangsung di Ruang Sidang Pleno Lantai III, Kantor Manajemen Universtias Airlangga, Kampus C Universitas Airlangga. Peserta pelatihan merupakan tim PAK Fakultas di lingkungan Universitas Airlangga. Pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tim PAK Fakultas dalam menggunakan perangkat lunak Turnitin dalam proses penetapan angka kredit dosen.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Dr. Hendrik Setia Budi, Ketua PPJPI Universitas Airlangga. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa program Turnitin telah digunakan oleh pengelola jurnal ilmiah di lingkungan Universitas Airlangga. Perangkat lunak Turnitin digunakan untuk mendeteksi “indeks kemiripan (similarity index)” pada naskah artikel yang diterima oleh pengelola jurnal, sehingga Turnitin juga dapat digunakan untuk menghindari plagiasi.

Setelah acara pembukaan, disampaikan paparan materi oleh Prof. Dr. Widji Soeratri (Ketua Tim Percepatan Guru Besar Universitas Airlangga) dan Dr. Windarto (Dosen Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga). Prof. Widji Soeratri menegaskan bahwa proses pengurusan angka kredit dosen harus dilaksanakan dengan benar dan jujur. Terminologi “benar” bermakna bahwa pengurusan angka kredit dosen harus memenuhi semua ketentuan PAK Dosen yang telah ditetapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Terminologi “jujur” mengandung konsekuensi bahwa tidak boleh ada kebohongan, plagiasi atau autoplagiasi dalam pengurusan PAK.

Prof. Widji Soeratri juga menyampaikan bahwa karya ilmiah dosen dapat dinilai dan diproses untuk keperluan PAK jika “similarity index” karya ilmiah tersebut tidak melebihi prosentase maksimal yang ditetapkan oleh tim PAK Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Pada kesempatan selajutnya, pemateri kedua (Dr. Windarto) memandu para peserta pelatihan menggunakan perangkat lunak Turnitin, meliputi mengakses akun Turnitin, mendefinisikan Class, mendefinisikan Assignment, dan menggunggah karya ilmiah pada akun Turnitin. Selain itu, peserta pelatihan juga dipandu untuk mengetahui “similarity index” karya ilmiah yang sudah diunggah pada akun Turnitin.