Berita Jurnal

Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Elektronik Berbasis OJS

2015-12-15 | Posted by: adm ppjpi

Sejak tahun 2014, dengan diterbitkannya Perdirjen DIKTI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Akreditasi Terbitan Berkala Ilmiah Elektronik, DIKTI dan LIPI menyepakati adanya instrumen baru dalam sistem pengakreditasian jurnal ilmiah. Dimana jurnal yang dapat diakreditasi hanyalah jurnal yang pengelolaannya dalam bentuk elektronik. Selain itu, untuk mendapatkan indeksasi ke pengindeks bereputasi internasional, terbitan berkala ilmah harus memiliki kriteria tersendiri berkaitan dengan jurnal internasional yang diakui oleh lembaga pengindeks internasional, salah satunya adalah terbitan berkala ilmiah harus dapat diakses secara online. Melihat urgensi dan dalam rangka mempersiapkan jurnal-jurnal di Unair menuju e-journal, maka pada tanggal 11, 12, 13 Desember 2015 Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah menyelenggarakan kegiatan Workshop Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Elektronik Berbasis Open Journal System (OJS).

Bertempat di Ruang Sidang Kahuripan-301 Kampus C Unair, Mulyorejo, kegiatan ini dihadiri oleh 38 orang yang terdiri dari Wakil Dekan 3, Ketua Perpustakaan, Direktur System Informasi dan Komunikasi, ketua dewan editor dan staf teknis dari jurnal-jurnal di Lingkungan Unair. Terdapat 3 (tiga) materi yang disampaikan pada kesempatan kali ini, yaitu : (1) Dr. Lukman, ST., M.Hum (Kebijakan Pengelolaan Jurnal Ilmiah Nasional dan bereputasi Internasional); (2) Deden Sumirat Hidayat, M.Hum. (Manajemen Jurnal), dan (3) Tinton Dwi Atmaja, MT (Manajemen penerbitan dan Jurnal secara online dan Indeksasi jurnal ilmiah elektronik).

Pusat Pengembangan Jurnal dan Publikasi Ilmiah komitmen terus mendukung kemajuan jurnal-jurnal di Lingkungan Unair melalui program Bantuan Pengelolaan Jurnal yang dilaksanakan mulai tahun ini 2015. Melalui program tersebut, diharapkan terlihat bahwa hingga tahun 2017 terdapat  jurnal yang telah terakreditasi secara nasional dan internasional.