Berita Jurnal

Sosialisasi Hibah Jurnal 2018

2018-03-29 | Posted by: PPJPI

Internasionalisasi jurnal di Universitas Airlangga merupakan langkah yang harus ditempuh untuk mendapatkan naskah yang bermutu, terutama yang berasal dari luar negeri. Dengan demikian diversitas negara penulis pada jurnal tersebut dapat bervariasi. Hal ini juga menjadi syarat agar jurnal dapat terindeks oleh Lembaga Pengindeks Internasional seperti Scopus. Jurnal-jurnal di lingkungan Universitas Airlangga yang dapat terindeks di Scopus, tentunya dapat menampung publikasi dosen/peneliti di institusi sendiri selain dari penulis luar, sehingga dapat meningkatkan jumlah publikasi Unair pada jurnal internasional bereputasi.

Sebagai pusat jurnal dan publikasi di lingkungan Universitas Airlangga, PPJPI membuat program Hibah Jurnal 2018 agar tujuan di atas dapat tercapai. Sosialisasi hibah jurnal tersebut diselenggarakan di Ruang Sidang Pleno Kantor Manajemen Universitas Airlangga pada hari Selasa tanggal 20 Februari 2018. Acara dihadiri oleh beberapa pimpinan fakultas bidang 2 dan 3, serta perwakilan jurnal yaitu 12 jurnal yang berasal dari 6 fakultas di Universitas Airlangga. Dalam paparannya dijelaskan bahwa, ”..... dari hasil evaluasi jurnal bahwa di tahun 2018 terdapat 3 jurnal kita yang layak mengajukan akreditasi dan 3 jurnal yang diproyeksikan menjadi jurnal internasional bereputasi. Namun demikian,  jurnal lain yang dinilai layak menjadi jurnal nasional dan internasional bereputasi dapat mengajukan hibah tersebut. Semua ada penjurian, jadi tentunya juri yang memutuskan dari layak tidaknya jurnal tersebut tahun 2018 ini”, ujar Siti Mas’udah koordinator jurnal PPJPI. Jurnal yang hendak mengajukan hibah jurnal harus membuat proposal kegiatan dan komitmen untuk mendaftarkan jurnalnya sebagai jurnal terakreditasi nasional pada laman Arjuna KemenristekDikti atau jurnal internasional bereputasi pada laman suggestion title Scopus pada tahun yang sama yaitu 2018.

Ketua PPJPI, Dr. Hendrik Setia Budi, drg., M.Kes menyampaikan bahwa tahun 2017 lalu PPJPI memberikan hibah jurnal kepada Dental Journal yang berasal dari FKG, Jurnal Ners yang berasal dari FPK dan Indonesian Journal of Tropical and Infectious Disease yang berasal dari LPT, sehinga akhir tahun 2018 ini akan menunggu hasil verifikasi dari tim Content Selection and Advisory Board (CSAB) Scopus yang berasal dari berbagai negara.