Berita Jurnal

Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik Berbasis Open Journal Systems (OJS) dalam persiapan Indeksasi ke DOAJ (26 Maret 2018)

2018-05-08 | Posted by: PPJPI

Pada tanggal 26 Maret 2018, PPJPI mengadakan kegiatan “Workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik Berbasis Open Journal Systems (OJS) dalam Persiapan Indeksasi ke DOAJ” yang dihadiri oleh 28 jurnal. Materi pertama menjelaskan tentang pentingnya jurnal elektronik berbasis OJS yang disampaikan oleh Siti Mas’udah, S.Sos., M.Si. “Untuk menjadi jurnal yang baik, maka pengelola jurnal harus dapat menginformasikan secara jelas petunjuk penulisan, etika publikasi dan kebijakan proses naskah. Hal tersebut harus sudah ada di laman website masing-masing jurnal, sehingga penulis bisa membaca dan memahaminya, apalagi untuk keperluan indeksasi,” ujar Koordinator Jurnal PPJPI.

Kegiatan selanjutnya diteruskan tentang manajemen OJS terkait dengan konfigurasi. Banyak pengelola jurnal di lingkungan Universitas Airlangga yang masih kesulitan karena baru pernah menggunakan secara keseluruhan (fully online), ataupun dikarenakan pergantian pengelola sehingga belum memahami OJS yang disampaikan oleh pemateri yaitu Theresia Anggraeni dan Meita Restu Indriastuty. Selanjutnya materi terakhir disampaikan oleh Fandy Kusjanto, S.E tentang cara menggugah back issue melalui quick submit.